https://bali.times.co.id/
Berita

Krisis Sudan Memuncak, 3,7 Juta Anak Terancam Malnutrisi Akut

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 16:44
Krisis Sudan Memuncak, 3,7 Juta Anak Terancam Malnutrisi Akut Kementerian Luar Negeri Sudan menyerukan penghentian segera pasokan senjata kepada Pasukan Dukungan Cepat sebagai tanggapan atas meningkatnya seruan internasional untuk intervensi kemanusiaan mengatasi kelaparan dan perang antara tentara Sudan dan RS

TIMES BALI, JAKARTA – Kondisi kemanusiaan di Sudan semakin genting. Sekitar 3,7 juta anak berisiko tinggi mengalami malnutrisi akut, menurut laporan terbaru Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dan Dana Anak PBB (UNICEF).

Kedua badan ini menyoroti kebutuhan mendesak akan bantuan penyelamatan jiwa bagi anak-anak di bawah usia lima tahun. Mereka terancam kekurangan gizi dan memiliki risiko 11 kali lebih besar meninggal akibat penyakit yang seharusnya dapat dicegah.

Sejak konflik militer yang pecah pada April 2023, saat tentara Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) bertikai, akses terhadap kebutuhan dasar seperti air bersih, perawatan kesehatan, dan tempat tinggal menjadi sangat terbatas.

Krisis ini telah menyebabkan lebih dari 10 juta orang mengungsi dan memicu seruan internasional agar bantuan segera diperluas.

““Dikarenakan kami menyaksikan runtuhnya infrastruktur vital, respons internasional harus segera ditingkatkan untuk mengimbangi skala kebutuhan yang sangat besar," ujarnya,” ujar pernyataan resmi PBB.

Seruan dari PBB dan komunitas internasional untuk mengakhiri pertempuran semakin meningkat karena perang tersebut mengancam akan menyebabkan jutaan orang mengalami kelaparan dan kematian akibat kekurangan pangan yang disebabkan oleh konflik yang telah menyebar ke 13 dari 18 negara bagian Sudan.

Sejak pertengahan April 2023, tentara Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) telah terlibat dalam konflik tersebut yang mengakibatkan lebih dari 20.000 kematian dan lebih dari 10 juta orang terlantar dan pengungsi, menurut PBB.

 

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.