Berita

DJP Online Dan Mekanisme Penting Penggunaannya

Jumat, 13 Januari 2023 - 15:22
DJP Online Dan Mekanisme Penting Penggunaannya Website DJP Online. (FOTO: Uzone.id)

TIMES BALI, JAKARTADJP Online merupakan salah satu aspek penting terkait proses transaksi perpajakan. Adanya DJP ini merupakan bagian pengembangan utama untuk semua proses yang lebih mudah dan efisien, sehingga kualitas perpajakan bisa terealisasi dengan baik oleh semua pengguna nya.

Penting untuk diketahui oleh semua pengguna bahwa sebelum proses penggunaan mekanisme ini berlaku, umumnya pertimbangan proses pembayaran pajak masih secara manual. Akses tersebut diwujudkan melalui sistem billing di alamat situs yang terpisah, dan hal ini tentunya memiliki beberapa mekanisme yang belum sempurna

Oleh sebab itulah maka dengan bermulanya Penerimaan Negara Generasi 2 atau (MPNG2) diluncurkan, maka pihak Direktorat Jenderal Pajak mengintegrasikan seluruh aplikasi perpajakan, baik e-Filing dan e-Billing untuk ditransformasi dalam bentuk DJP Online

Perlu dipahami juga bahwa website ini baru diluncurkan pada tahun 2014, Dan dengan kemunculan fitur ini maka semua situs-situs aplikasi perpajakan milik pemerintah sebelumnya seperti sse.pajak hingga e-Filing.pajak sudah tidak dapat diakses lagi sebab sepenuhnya dinonaktifkan.

Untuk melihat lebih jauh maka berikut ini adalah beberapa mekanisme dasar yang wajib untuk dipahami oleh semua pihak dan kalangan untuk keperluan perpajakan.

Tips Daftar DJP Online

Pertimbangan pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa kapasitas pola penggunaan DJP Online secara akumulasi harus detail dalam hal pendaftaran. Beberapa kalangan tentunya masih belum memahami bagaimana cara mendaftar dengan cepat serta efisien, berikut ini adalah beberapa mekanisme utamanya.

1. Buka Laman Utama DJP

Aspek pertama yang tentunya perlu dilakukan adalah akses online pajak melalui laman https://pajak.go.id/registrasi 

2. Isi Data Secara Lengkap

Pertimbangan selanjutnya adalah memasukkan data-data penting serta lengkap meliputi nomor NPWP dan kode e-FIN. Perhatikan aspek penting pengisian data tersebut melalui tanda titik dan setrip saat memasukkan nomor NPWP, sehingga proses akses DJP Onlinemaksimal dan lancar

3. Masuk Melalui Email atau nomor HP

Selanjutnya tinggal memasukkan beberapa akses kode keamanan, lalu klik Verifikasi. Kode keamanan ini tentunya diperlukan untuk akses masuk ke akun DJP, melalui proses verifikasi email, nomor HP aktif dan kode keamanan itu sendiri.

4. Simpan Semua Data

Aspek selanjutnya adalah melakukan penyimpanan setelah password berhasil diselesaikan.

5. Verifikasi Email

Tahap selanjutnya adalah melakukan verifikasi email, hal tersebut bisa dilakukan dengan mengklik tautan yang dikirimkan oleh DJP Online untuk proses mengaktifkan akun. Setelah proses Aktivasi Akun telah Berhasil, klik OK untuk proses login lebih lanjut.

6.Akses Aplikasi DJP

Setelah semua akses persyaratan telah selesai maka pengguna baru bisa login kembali ke akun DJP Online melalui akses pengisian NPWP dan password untuk mengaktifkan akun.

Salah satu problem yang menghambat proses pendaftaran ini adalah beberapa pengguna belum memiliki akses kode e-FIN. Untuk mensiasati hal tersebut maka pengguna perlu datang ke Kantor Pelayanan pajak setempat atau dengan menyertakan serta membawa fotokopi KTP dan fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Selanjutnya proses tersebut dilakukan dengan mengisi formulir pembuatan e-FIN,  untuk menerima aktivasi e-FIN yang akan dikirimkan ke alamat email Anda. Semua mekanisme diatas merupakan bagian penting dari tips dasar untuk daftar DJP Online.

Cara Bayar Via DJP Online

Aspek berikutnya yang juga sangat penting untuk dipahami dalam proses penggunaan DJP Onlineialah apa saja mekanisme khusus untuk kebutuhan proses pembayaran. Sebab proses bayar menggunakan akses ini terbilang lebih mudah, akan tetapi perlu dipahami dari berbagai sudut pandang utama.

Berikut ini adalah beberapa mekanisme dasar yang perlu dipahami terkait proses bayar tersebut.

  1. Log in Pada Laman djponline.pajak.go.id.
  2. Masukkan NPWP, password, dan kode keamanan untuk login ke akun DJP Online.
  3. Pilihan menu Untuk e-Billing System.
  4. Kemudian Pilih Menu Isi SSE.
  5. Isi Semua Aspek Yang Ada Dalam Form Surat Setoran Elektronik (SSE).

Ada catatan penting dalam proses pengisian form ini terkait Data pada formulir tersebut umumnya telah terisi secara otomatis. Pengguna hanya perlu mengubah kolom Jenis Pajak, kemudian Jenis Setoran, lalu Masa Pajak, Tahun Pajak, Uraian Pajak yang dibayarkan, hingga berapa Jumlah Setoran yang akan dilakukan.

  1. Selanjutnya tinggal klik Simpan.
  2. Klik Pilihan Untuk Kode Billing.
  3. Kemudian Cetak Kode Billing.

Setelah mendapatkan Kode Billing, proses bayar pajak DJP Online ini bisa melalui bank, kantor pos, hingga ATM yang biasa dan umum pengguna pakai. Akan tetapi untuk bisa mengakses secara lebih mudah, kini juga tersedia proses pembayaran via aplikasi keuangan digital.

Kelebihan Menggunakan DJP Online

Setelah memahami beberapa aspek penting terkait beberapa mekanisme dasar dari DJP Online, maka berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa proses penggunaan layanan tersebut perlu digunakan oleh semua kalangan.

1. Ketepatan Waktu Dalam Pembayaran Pajak

Proses pembayaran pajak umumnya memang menjadi satu aspek penting yang perlu untuk diperhatikan. Apalagi negara secara akumulasi memang memiliki jumlah pasokan besar dari akses pajak, oleh sebab itulah berbagai cara dilakukan agar proses untuk ketepatan waktu dalam membayar pajak bisa terealisasikan.

Oleh sebab itulah maka DJP Onlineini hadir sebagai solusi penting untuk merealisasikan semua mekanisme tersebut. Diharapkan melalui akses mudah dari fitur ini maka tidak ada lagi alasan bagi wajib pajak untuk memenuhi proses pembayaran tepat waktu.

Untuk memberikan akses lebih baik dan mendukung maka aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, salah satunya fitur pengingat terkait jatuh tempo pelaporan SPT dan bayar pajak sesuai waktu masing-masing.

2. Proses Kontrol Pajak Lebih Mudah

Satu kelebihan lebih lanjut dari akses ini adalah kemudahan untuk mengontrol secara berkala. Bahkan setiap pengguna bisa mengawasi secara detail semua akses data penggunaan keuangan untuk proses pelunasan pajak.

Aspek ini juga sangat berhubungan erat dengan mekanisme penggunaannya yang bisa secara perorangan atau secara kelompok dalam bentuk perusahaan. Sehingga semua control pajak untuk lingkup lebih luas bisa secara mudah di cek.

3. Terdapat Fitur Pelaporan SPT Semua Jenis Pajak

Melaporkan SPT tahunan merupakan kewajiban yang perlu diperhatikan saat ini, bahkan dalam tataran lebih umum kualitas pelaporannya akan cenderung lebih mudah dengan menggunakan fasilitas dari DJP Online.

Selain dalam aspek pelaporan SPT melalui mekanisme e filing ini juga dilengkapi berbagai jenis, mulai dari SPT Masa, kemudian SPT Tahunan, hingga SPT Pajak lainnya. Akumulasi tersebut tentu akan membuat pendapatan dan pemasukan kepada negara bisa dikoordinir lebih maksimal

4. DJP Online Menjamin Fleksibilitas

Adanya fitur integrasi dalam aplikasi e filing ini tentu secara otomatis akan meningkatkan fleksibilitas penggunaannya. Misalnya jika pengguna hendak menghitung pajak otomatis, kemudian setor pajak online, lapor SPT, Akses ID billing, hingga kebutuhan mendapatkan EFIN dalam satu website telah bisa dilakukan dengan mudah.

5. Keamanan Stabil Dan Meyakinkan

Perlu diketahui juga bahwa DJP Online ini telah dilengkapi dengan sertifikat yang resmi dari ISO 27001. Sehingga semua pengguna tidak perlu khawatir terkait keamanan data selama proses transaksi pembayaran berlangsung, apalagi dengan kualitasnya yang terus dikembangkan.

Pertimbangan Masalah Dan Solusi Ketika Gunakan DJP Online

Hal terakhir dan perlu untuk diperhatikan terkait penggunaan akses tersebut adalah beberapa kemungkinan permasalahan yang seringkali terjadi di dalam proses penggunaannya. Semua masalah tersebut tentunya bisa disesuaikan dan diperhatikan lebih lanjut menyesuaikan semua kebutuhan serta.

Karena secara keseluruhan telah menggunakan sistem online dengan beberapa fitur yang juga sangat kompleks, maka kemungkinan untuk bisa eror sangat bisa terjadi kapan saja. Sehingga perlu dipastikan terlebih kepada semua pengguna terkait keamanan jaringan atau bahkan aplikasi sebelum digunakan.

Beberapa pertimbangan mengenai DJP Online diatas perlu dilihat secara utuh sesuai dengan perkembangannya untuk memastikan semua prosedur pembayaran pajak yang efisien bisa terealisasikan. (*)

Pewarta :
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.