Berita

PPI Dunia Gelar Webinar sebagai Rangkaian Sekolah Konstitusi

Sabtu, 11 Maret 2023 - 16:50
PPI Dunia Gelar Webinar sebagai Rangkaian Sekolah Konstitusi Moderator bersama Dr. Manahan M.P. Sitompul, M.H. (Mewakili ketua MK RI) membahas Peran Pelajar dan PPI Dunia dalam Amandemen keV UUD NRI 1945. (Foto: Dok. PPI Dunia)

TIMES BALI, JAKARTA – Biro Satuan Pengendalian Internal, Hukum, dan Kelembagaan Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia atau yang juga dikenal sebagai SPIHK PPI Dunia menyelenggarakan Webinar Sekolah Konstitusi pada Jumat (10/3/2023). Kegiatan ini mengambil tema Peran Pelajar dan PPI Dunia dalam Amandemen Ke-V UUD NRI 1945.

Webinar ini merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian acara Sekolah Konstitusi PPI Dunia 2023. Acara tersebut rencananya akan berlangsung hingga Minggu (12/3/2023). Dalam kegiatan tersebut akan dibahas berbagai mengenai hukum Indonesia.

Melalui sambutannya, Rio Yusri Maulana, Kepala Biro SPIHK mengungkap bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejarah amandemen konstitusi.  Hal ini juga termasuk mengetahui berbagai opini tentang wacana Amandemen Ke-V UUD NRI 1945.

Webinar ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran Pelajar dan PPI Dunia dalam wacana amandemen konstitusi. Webinar tersebut dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan media Zoom Clouds Meeting.

PPI Dunia Ajak Ketua MPR RI Dr. Bambang Soesatyo sebagai Pembicara

Beberapa keynote speaker dihadirkan dalam acara tersebut. Sebut saja Ketua MPR RI Dr. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. Dr. Manahan Malontinge Pardamean Sitompul,S.H, M.Hum. yang hadir mewakili Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Dr. Arsul Sani, S.H., M.Si., Pr.M. dari Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan RI juga ikut turut diundang dalam kegiatan tersebut.

PPI-Dunia02.jpgPeserta Webinar Sekolah Konstitusi PPI Dunia. (Foto: Dok. PPI Dunia)

Narasumber lain yakni Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LLM. seorang ahli Hukum Tata Negara juga dihadirkan untuk membahas sekelumut tentang amandemen Ke-V UUD NRI 1945. Seminarpun menghangat dengan berbagai peryanyaan yang dilontarkan oleh peserta.

“Setiap gagasan amandemen konstitusi harus benar-benar menyentuh tahap kebutuhan bangsa yang fundamental dilandasi oleh urgensi kebutuhan ketatanegaraan yang substansial dilaksanakan dengan pembahasan yang cermat, holistik dan komprehensif," ungkap Ketua MPR RI Dr. Bambang Soesatyo,S.E., M.B.A.

Bambang juga berharap kegiatan ini alan memberikan sumbangsih positif bagi bangsa dan negara ke depannya. Bambang juga mengutarakan beberapa masalah yang patut menjadi bahasan semua kalangan akhir-akhir ini. Dirinya juga memmebrikan contoh-contoh kongkrit masalah beserta penanganannya.

Tentang Sekolah Konstitusi 2023 PPI Dunia

Menurut Hikam Hulwanullah selaku Project Manager Sekolah konstitusi adalah pelatihan dasar untuk membekali para anggota PPI Dunia. Sekolah ini akan merevitalisasi peran konstitusi di setiap tingkat lembaga oragnisasi yang tersebar di 62 negara di dunia.

Sekolah konstitusi PPID 2023 dilaksanakan dengan mengangkat tema “Revitalisasi Peran Konstitusi PPI Dunia Menuju Bangsa Pemenang”. Kegiatan ini diikuti oleh peserta delegasi dari setiap PPI Negara dan peserta.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Koordinator organisasi, Achyar Al Rasyid, S.Kom., M.S.P. dalam Webinar Webinar Sekolah Konstitusi “Peran PPI Dunia dalam Amandemen V UUD NRI 1945”.

Acara Webinar sebagai opening ceremony diikuti oleh peserta dari anggota PPI Dunia (62 PPI Negara), BEM Seluruh Indonesia, DEMA Fakultas Syariah Nasional, mahasiswa. Beberapa peserta dari khalayak umum juga tercatat mengikuti seminar tersebut. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.