Wisata

Menjelajah Kampung Sampireun, Destinasi Wisata Pilihan di Garut

Senin, 19 September 2022 - 01:12
Menjelajah Kampung Sampireun, Destinasi Wisata Pilihan di Garut Suasana Kampung Sampireun Garut. (FOTO: Dokumen pribadi)

TIMES BALI, BANDUNG – Sampireun atau persinggahan dalam bahasa Indonesia bermakna tempat berhenti untuk melepas penat atau lelah. Bagi Anda yang menginginkan refreshing bareng keluarga, ataupun berencana melakukan acara dinas kerja, Kampung Sampireun yang terletak di Garut bisa menjadi pilihannya.

Kampung Sampireun di Garut dikelilingi oleh pepohonan rindang yang indah dan tempat menginap yang nyaman. Hal ini membuat Kampung Sampireun diminati oleh banyak pengunjung wisata. Dominasi pengunjung dari Jabodetabek menjadikan Kampung Sampireun sebagai tempat utama untuk singgah melepas lelah. 

Jika memesan tempat untuk hari Jumat, Sabtu, Minggu dipastikan harus mengantre terlebih dahulu agar bisa mendapat tempat yang diinginkan dan sesuai harapan. Karena banyak peminat, tak heran mereka booking tempat jauh-jauh hari. Ini memang bisa dimaklumi karena Kampung Sampireun yang telah berdiri 20 tahunan lebih ini telah menjadi tempat favorit wisata banyak orang. 

Produk-unggulan-sajian-kuliner-Kampung-Sampireun-Garut.jpgProduk unggulan sajian kuliner Kampung Sampireun Garut, timbel lengkap isi dan Iga Bakar. (FOTO: Djarot/TIMES Indonesia)

Anda dapat menikmati kelezatan hidangan makanan seperti iga goreng dan timbel ayam yang khas yang hanya ada di Kampung Sampireun Garut. Ini yang menjadikan tempat wisata tersebut benar-benar berbeda dan memberikan kesan "magis" bagi pengunjungnya. 

Kesuksesan Kampung Sampireun tentu tak lepas dari sentuhan para pemiliknya, salah satunya adalah H.Jusuf Thalib, S.H. yang mengharapkan peningkatan keilmuan SDM di Kampung Sampireun jadi perhatian khusus. Dengan begitu, karyawan tempat wisata tersebut bersemangat untuk menimba ilmu dan berkarya di Sampireun.

“Setelah mereka menimba keilmuan perihal kehotelan, pelayanan dan lainnya, para karyawan Kampung Sampireun pun mendedikasikan diri dan pengetahuannya di hotel, resort, dan spa tersebut. Ini yang menjadikan kualitas pelayanan Kampung Sampireun berkesan bagi bagi pengunjungnya. Mereka dengan sigap melayani dan memenuhi kebutuhan para penginap serta memberikan kemudahan  bagi yang berkunjung,” jelas Kurniawan, Assisten FB Manager.  

Fasilitas-di-Kampung-Sampireun-Garut.jpgFasilitas di Kampung Sampireun Garut. (FOTO: Djarot/TIMES Indonesia)

Keberhasilan pembinaan kualitas SDM di sisi pelayanan tak lepas dari tangan dingin para pimpinan Kampung Sampireun. “Para General Manager telah mempolakan rumus sukses sebuah usaha jasa pelayanan kepada konsumen atau pelanggan tetap Kampung Sampireun,” ungkap Eliana, Executive Assistant Manager Kampung Sampireun Garut.

Atmosfer atau suasana pelayanan yang prima pun terus dijalankan dibawah kepemimpinan GM Aan Saeful Anwar. Tak ayal hasilnya, para karyawan betah dan menganggap Kampung Sampireun Resort and Spa sebagai  rumah kedua. Ini dibuktikan dengan loyalitas banyak karyawan lama yang bertahan hingga 20 tahunan. 

Dilihat dari sisi lokasi tempat wisata dan kondisi warga Kampung Sampireun, terlihat memang beda arah ke kota Garut. Tapi kondisi tersebut menjadikan Kampung Sampireun sebagai tujuan wisata yang berbeda. Perjalanan menuju tempat tersebut akan melewati jalan yang dilalui penduduk serta pemandangan yang asri. 

Kampung Sampireun yang terletak di Jl Raya Samarang - Kamojang KM4 Kp Ciparay Desa Sukakarya Garut tidak banyak diketahui orang orang bahwa keberadaannya dulu karena antusias wisatawan asing yang melihat penduduk sekitar sedang  berkegiatan.

Budaya sunda setempat membuat mereka sangat terkagum-kagum. Dengan kondisi inilah, akhirnya Hotel, resort, spa Kampung Sampireun ada yang pada awal pendiriannya diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan, Marzuki Usman. 

Mereka yang menginap dan berwisata tentunya enginginkan suasana yang berbeda seperti di rumah. Menginap di Kampung Sampireun akan jauh terasa berbeda dan berkesan. Lokasi hotel berada di ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut dengan luas area kurang lebih 4.65 hektar. Termasuk, luas Situ Sampireun dengan 7 mata airnya yang senantiasa mengalir melengkapi keindahan danau Sampireun. 

Belum lagi, 49 unit, 23 Bungalow, 5 Cluster & 20 Deluxe dengan beragam tipe unit yang di dalamnya terdapat Suite serta Vila membuat singgah terasa lengkap. Apalagi, kebutuhan orang sekarang terhadap spot selfie semakin membuat mereka betah.

Bagi yang membawa keluarga, bisa juga mendapat kesan menyenangkan dengan memberi makan ikan mas, dan lainnya  di Situ Sampireun secara langsung. Pokoknya, bagi pengunjung yang datang ke Garut, terasa kurang bila belum menginap dan merasakan olahan masakan serta pelayanan Kampung Sampireun. 

Kampung Sampireun adalah satu tempat yang konsisten untuk mengenalkan budaya Sunda yang penuh ramah kepada pendatang. Hal ini membuat mereka yang bahkan baru pertama kali berkunjung ke Kampung Sampireun, akan memiliki satu kenangan terbaik dalam hidupnya. Kampung Sampireun di Garut bukan hanya hotel, spa atau restoran. Tetapi, bisa memberikan kenangan berkesan bagi para pengunjung. (*) 

Pewarta : Djarot Mediandoko
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.