https://bali.times.co.id/
Olahraga

Atlet Pencak Silat Kodam Udayana Raih Medali di PON XXI Aceh

Selasa, 17 September 2024 - 21:11
Atlet Pencak Silat Kodam Udayana Raih Medali di PON XXI Aceh Serda I Kadek Adi Budiasta raih prestasi gemilang di cabang olahraga nasional dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. (Foto: Susi/TI)

TIMES BALI, BALI – Prajurit Bekangdam IX/Udayana, Serda I Kadek Adi Budiasta sukses mengharumkan kesatuannya usai menyabet medali perak di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON XXI) Aceh-Sumut 2024.

Pria kelahiran Denpasar pada 20 Juni 2002 tersebut berhasil meraih medali perak dalam cabang olahraga Pencak Silat yang membawa kebanggaan bagi kontingennya dan Kodam IX/Udayana

Keberhasilan ini tidak hanya menjadi pencapaian pribadi bagi anak kedua dari pasangan I Wayan Sukarsa dan Ni Nyoman Wartini, tetapi juga membawa harum nama Kodam IX/Udayana dan TNI secara keseluruhan.

Meskipun bergabung dalam kontingen tuan rumah Sumatera Utara, pencapaian Kadek Adi turut mengangkat prestasi putra Bali dalam ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Dibesarkan oleh Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa, Kadek Adi memiliki segudang prestasi dalam kejuaraan-kejuaraan Pencak Silat, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

Beberapa di antaranya adalah: Juara 1 Porjar Bali (2016-2020), Juara 1 Popwil (2018), Juara 1 Porprov Bali (2019), Juara 1 Popnas (2019), Juara 1 Seleknas Timnas (2020-2022), Enam Belas Besar Sea Games Vietnam (2021), Juara 3 Sea Champ International Singapore (2021), Juara 1 Batavia Utara Championship, dan banyak lagi.

Dengan semangat pantang menyerah, Serda I Kadek Adi Budiasta berjanji akan terus berlatih dan berusaha untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi di masa depan.

Ke depan, ia kembali dipercaya untuk bergabung dengan Tim Garuda TNI AD dalam Kejuaraan Nasional Piala Kasad pada 27-29 September 2024 di Bogor, dan Kejuaraan Nasional Piala Panglima TNI pada 24-27 Oktober 2024 di Jakarta Timur.

"Terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana yang telah mendukung dan mensuport kami dalam event nasional terbesar di Indonesia ini, sehingga kami bisa meraih hasil yang terbaik. Kami juga akan dipanggil untuk bergabung dengan Tim Garuda TNI AD guna mewakili TNI AD dalam Kejuaraan Piala Kasad dan Piala Panglima TNI. Mohon doanya," ujar Serda Kadek Adi saat dikonfirmasi, Selasa (17/9/2024).

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., dalam keterangannya menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas prestasi gemilang yang diraih prajurit Kodam IX/Udayana dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian yang diraih oleh Serda I Kadek Adi Budiasta. Ia menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang pertandingan, dengan keberanian dan ketekunan yang menjadi ciri khas prajurit TNI. Prestasinya ini menjadi inspirasi bagi seluruh prajurit untuk selalu berjuang mengharumkan nama satuan. Selain itu, prestasi ini juga patut menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan budaya bangsa melalui olahraga," ujar Kolonel Agung Udayana.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari latihan yang tekun, dedikasi yang tinggi, serta dukungan penuh dari komando dan rekan-rekan prajurit lainnya. Prestasi yang diraih Serda I Kadek Adi Budiasta di PON Aceh menjadi bukti bahwa prajurit TNI tidak hanya unggul di medan perang, tetapi juga mampu bersaing dan berprestasi di berbagai bidang, termasuk olahraga. (*)

Pewarta : Susi Artiyanto
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.