Olahraga

Istana Versailles Disulap menjadi Venue Olimpiade Paris 2024

Selasa, 02 April 2024 - 12:01
Istana Versailles Disulap menjadi Venue Olimpiade Paris 2024 Château de Versailles atau Istana Versailles akan menjadi arena Olimpiade Paris 2024. (FOTO: olympics.com)

TIMES BALI, JAKARTAIstana Versailles, sebuah bangunan yang megah dan ikonik, akan menjadi saksi penting dalam penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024.

Selama acara Olimpiade Paris, Istana Versailles akan menjadi tuan rumah berbagai cabang olahraga, termasuk berkuda dengan nomor dressage, jumping, dan eventing, serta pancalomba modern yang mencakup lari, lompat, lembing, cakram, dan gulat. Acara ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga 11 Agustus. Selain itu, akan ada ajang paraberkuda pada tanggal 3-7 September.

"Istana Versailles akan menjadi pertunjukan budaya, warisan, keramahtamahan, dan gaya Prancis yang mengagumkan bagi penonton," kata Anne Murac, kepala cluster Ile-de-France Olimpiade Paris 2024, Senin (1/4/2024).

Istana Versailles merupakan situs warisan dunia UNESCO, memiliki luas delapan kilometer persegi dan menyajikan keindahan alam dengan taman-taman luas dan lebih dari 350.000 pohon.

Pembangunan arena Olimpiade di situs warisan tersebut telah dimulai sejak awal 2022. Meskipun cuaca musim dingin sempat mengganggu kemajuan pembangunan, proyek ini dijadwalkan selesai pada 1 Juli. Arena ini merupakan fasilitas sementara yang akan dibongkar setelah berakhirnya Olimpiade dan Paralimpiade untuk dikembalikan ke kondisi semula.

Pembangunan infrastruktur sementara meliputi arena dengan tribun penonton di Royal Star, serta rintangan dan jalur lintas alam di sepanjang Grand Canal. Di situs Etoile Royale, yang menghadap Grand Canal dan Istana Versailles, akan dibangun tiga tribun bertahap untuk pertunjukan jumping, dressage, eventing, dan pancalomba modern.

Selain persiapan teknis, upaya restorasi kawasan Versailles juga menghargai sejarahnya. Etoile Royale, yang dirancang pada masa Louis XIV, mencerminkan desain yang menginspirasi tempat terkenal lainnya di Paris.

Menagerie, yang merupakan bagian dari kawasan tersebut, juga sedang dalam tahap pembangunan untuk menjadi tempat penyelenggaraan nomor eventing. Di hari acara, diharapkan 40.000 penonton hadir untuk menyaksikan lintasan 5,3 km, yang melibatkan rintangan termasuk melintasi air mancur yang akan diubah menjadi aliran sungai.

Selain sebagai tempat kompetisi, Olimpiade Paris 2024 juga memungkinkan Istana Versailles untuk melakukan renovasi pada beberapa bagian, seperti Menagerie. Ini memberikan kesempatan bagi istana untuk memperbarui area tertentu, termasuk gerbang Royal Star.

Seluruh kawasan yang direnovasi akan menjadi pusat kegiatan selama Olimpiade, dengan fasilitas olahraga dan perawatan kuda yang memadai. Dengan total 220 kotak kandang dipasang sepanjang 600 meter, kawasan ini akan menjadi tempat istimewa yang memadukan olahraga, budaya, dan warisan Prancis. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.