Gaya Hidup

Mengenal Tiga Makhluk Mitos Asal Korea Selatan

Sabtu, 14 Mei 2022 - 12:00
Mengenal Tiga Makhluk Mitos Asal Korea Selatan Gambar untuk makhluk mitos Korea Selatan, Jeoseung Saja. (foto: indozone.id)

TIMES BALI, JAKARTA – Beragam makhluk mitos dikenal di Indonesia, contohnya seperti naga, hantu jeruk purut, kuntilanak, dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan negara lain? Korea Selatan misalnya?

Istilah makhluk mitos dikenal memiliki cerita sebagai latar belakang yang diyakini sebagai bentuk awal mula kemunculan mereka. Namun keberadaan mereka, masih menjadi teka teki sampai sekarang hingga tidak sedikit yang bahkan meragukan kebenarannya. 

Rupanya, makhluk mitos tidak hanya dikenal di Indonesia melainkan juga di luar negeri salah satunya Korea Selatan. Berikut beberapa makhluk mitos yang berasal dari Korea Selatan:

1. Jeoseung Saja

Jeoseung-Saja.jpg

Jeoseung Saja berbentuk seperti manusia dengan pakaian serba hitam dan mengenakan topi tradisional dari Korea. Dipercaya, Jeoseung Saja dikenal sebagai sosok yang membawa buku kemana-mana untuk mencatat kematian seseorang. idak heran jika makhluk ini diangggap menyeramkan dan ditakuti oleh masyarakat di Korea Selatan. 

2. Gumiho

Gumiho.jpgSalah satu rupa Gumiho yang menjajdi siluman. (foto: ketiks.com) 

Legenda asal Korea Selatan pernah menceritakan Gumiho merupakan makhluk yang memiliki kemampuan untuk mengelabui manusia. Setelah itu, Gumiho akan memangsa hatikemudian menghisap arahnya agar dinya tetap bisa melanjutkan hidupnya. 

3. Dokkaebi

Dokkaebi.jpgGambar untuk makhluk mitos Korea Selatan,Dokkaebi. (foto: palembang.tribunnews.com)

Dokkaebi memiliki bentuk dan wujud yang sedikit menyeramkan dan menyerupai monster. Dokkabi memiliki kekuatan untuk menghukum orang jaat dan memberi hadiah kepada orang baik. Yang dianggap menyeramkan, hanya bentuk dan wujudnya saja. 

Itulah beberapa makhluk mitos asal Korea Selatan yang belum banyak diketahui masyarakat, terutama penggemar budaya Korea yang makin meluas di Indonesia. (*).

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.