https://bali.times.co.id/
Gaya Hidup

Kenalkan 10 Minuman Asli Indonesia Ini ke Anak-Anak Kita

Senin, 08 Juli 2024 - 06:49
Kenalkan 10 Minuman Asli Indonesia Ini ke Anak-Anak Kita Ilustrasi: Warga lokal menikmati segelas sinom saat kumoul keluarga. (Foto: TIMES AI Academy)

TIMES BALI, JAKARTA – Indonesia memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang luar biasa, termasuk minuman tradisional yang menyegarkan dan menyehatkan.Sebagai generasi modern umumnya anak-anak jaman sekarang lebih mengenal minuman kemasan yang dijual di toko-toko grosir atau eceran. Nah, tidak ada salahnya mengenalkan 10 penyegar tenggorokan berikut. 

10 Minuman Asli Indonesia yang Bisa Disajikan dengan Cara Unik

1. Sinom

Sinom adalah minuman tradisional yang terbuat dari daun asam muda. Rasa segarnya cocok untuk dinikmati di siang hari. Untuk membuatnya lebih menarik bagi anak-anak, tambahkan es batu dan sedikit madu. Sajikan dalam gelas berwarna-warni agar lebih menarik.

2. Beras Kencur

Minuman ini terbuat dari campuran beras dan kencur yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Untuk memberikan sensasi segar, tambahkan es batu dan sedikit gula aren. Anda juga bisa menyajikannya dalam botol minuman bergambar lucu.

3. Susu Jahe

Susu jahe adalah minuman hangat yang cocok dinikmati saat cuaca dingin. Namun, anda juga bisa menyajikannya dingin dengan menambahkan es batu. Sajikan dalam gelas tinggi dengan sedotan warna-warni agar anak-anak tertarik.

4. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah minuman tradisional yang terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh. Untuk anak-anak, anda bisa menyajikannya dingin dengan menambahkan es batu. Beri sedikit gula atau madu untuk menambah rasa manis yang disukai anak-anak.

5. Cendol

Minuman cendol yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan santan dan gula merah ini sangat populer. Sajikan cendol dengan es serut untuk sensasi dingin yang menyegarkan. Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar seperti nangka atau kelapa muda untuk variasi rasa.

6. Es Kacang Hijau

Es kacang hijau adalah minuman manis yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan gula dan santan. Sajikan dengan es serut dan tambahkan sedikit sirup rasa buah untuk membuatnya lebih menarik bagi anak-anak.

7. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang adalah minuman tradisional Betawi yang terdiri dari potongan selendang mayang (tepung beras) yang disiram dengan santan dan sirup merah. Tambahkan es batu dan sajikan dalam mangkuk cantik agar anak-anak semakin tertarik mencobanya.

8. Teh Rosella

Teh Rosella terbuat dari bunga rosella yang kaya akan antioksidan. Untuk membuatnya menarik bagi anak-anak, sajikan dalam keadaan dingin dengan es batu dan tambahkan sedikit madu atau sirup rasa buah. Warna merah alami dari rosella akan menarik perhatian mereka.

9. Wedang Sereh

Wedang Sereh adalah minuman herbal yang terbuat dari serai (sereh) dan gula. Untuk anak-anak, anda bisa menyajikannya dingin dengan menambahkan es batu dan sedikit perasan jeruk nipis untuk rasa yang lebih segar. Sajikan dalam gelas yang lucu untuk menarik perhatian mereka.

10. Kunyit Asam

Kunyit Asam adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran kunyit dan asam jawa. Sajikan dalam keadaan dingin dengan es batu dan tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis. Anda juga bisa menyajikannya dalam gelas dengan sedotan warna-warni agar lebih menarik bagi anak-anak.

Dengan cara penyajian yang menarik dan penambahan bahan-bahan yang disukai anak-anak, anda bisa mengenalkan minuman-minuman tradisional Indonesia kepada mereka dengan cara yang menyenangkan. Selain menikmati rasa yang lezat, mereka juga akan mendapatkan manfaat kesehatan dari bahan-bahan alami yang digunakan. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.