Berita

Hadiri Peluncuran Hari Santri 2021, Ini yang Dikatakan Menko PMK RI

Selasa, 21 September 2021 - 20:19
Hadiri Peluncuran Hari Santri 2021, Ini yang Dikatakan Menko PMK RI Menko PMK Muhadjir Effendy hadiri peluncuran Hari Santri 2021. (Foto: Dok. Kemenag)

TIMES BALI, JAKARTA – Pemerintah serius melakukan pengembangan pesantren. Selain adanya Perpres Nomor 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, pemerintah juga mendukung kegiatan pesantren lain yakni Hari Santri 2021. Ini mempertegas pentingnya kehadiran pesantren dalam pembangunan peningkatan kualitas manusia melalui pendidikan.

“Artinya, pesantren dan para santri telah berada di arus utama sistem pendidikan nasional kita. Dan ini suatu pengakuan yang tidak ternilai untuk kepentingan kita semua membangun Indonesia ke depan dengan rahmatan lil ‘alamin,” ucap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menghadiri Peluncuran Hari Santri 2021, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (21/09/2021).

Muhadjir menjelaskan, dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, peran santri dan pesantren sudah setara dan tak lagi mengalami perbedaan perlakuan dengan lain.

“Peraturan tersebut mengatur mengenai penyelenggaraan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat pesantren,“ jelasnya.

Kini, ungkap Muhadjir, peran santri dan pesantren sangat vital dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan. Karenanya, Muhadjir mengajak seluruh santri untuk menjadikan peringatan Hari Santri 2021 sebagai momentum untuk mengobarkan semangat membangun Indonesia yang lebih baik.

“Mari kita kobarkan dan kita jadikan peringatan hari santri sebagai momentum untuk terus menggencarkan dan mengobarkan semangat membangun Indonesia yang lebih baik, utamanya di masa pandemi ini,” tandas Menko PMK RI Muhadjir Effendy dalam peluncuran Hari Santri 2021. (*) 

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.