Berita

Mendagri RI Tito Karnavian Puji Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Badung Bali

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:17
Mendagri RI Tito Karnavian Puji Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Badung Bali Mendagri RI Tito Karnavian saat meninjau Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung, Bali. (FOTO: Kemendagri RI for TIMES Indonesia)

TIMES BALI, BALI – Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Badung, Provinsi Bali menerima pujian dari Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri RI) Tito Karnavian sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

"Saya sudah berkunjung ke beberapa Mal Pelayanan Publik di daerah-daerah Indonesia. Saya amat kagum dengan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung ini. Sangat excellent. Speechless. Salah satu terbaik di Indonesia," ucap Tito, Kamis (27/1/2022).

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, demikian kata Tito, mal pelayan publik harus beroperasi untuk mempermudah akses pelayanan publik sebagai wujud negara hadir di tengah-tengah masyarakat 

Tito-Karnavian-3.jpg

"Oleh karena itu salah satu idenya adalah membuat one roof system atau sistem satu atap, semua instansi yang memberikan pelayanan kepada publik dipusatkan di satu tempat, kita sebut namanya mal," tutur Tito.

Tito membandingkan paradigma pelayanan publik sebelumnya dengan saat ini. Pada masa lalu, publik diibaratkan seperti masuk ke 'hutan belantara' saat mengakses layanan. 

Menurut Tito, dulu masyarakat dibuat bingung dan dilempar-lempar dari satu meja ke meja lainnya. Namun tidak saat ini. Semuanya telah berubah dengam hadirnya mal pelayan publik. 

"Bagaimana masuk awalnya, kemudian registrasi, kemudian ada tempat untuk bertanya, mau memerlukan pelayanan apa, ada di counter mana, petugas di counternya sudah paham dan sistemnya juga terintegrasi," jelas dia.

Tekait Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Mendagri RI Tito Karnavian juga mengapresiasi sistem biaya transaksi layanan karena dapat mengurangi potensi pungutan liar (pungli) dan otomatis berkontribusi dalam pemberantasan korupsi. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.