https://bali.times.co.id/
Berita

Nobar Film Tepatilah Janji di Bali, Ini Pesan Moral yang Disampaikan

Sabtu, 07 September 2024 - 22:29
Nobar Film Tepatilah Janji di Bali, Ini Pesan Moral yang Disampaikan Konferensi pers bersama para pemeran Tepatilah Janji di Beachwalk Bali. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMES BALI, BALI – Komedi drama bertemakan politik di masa Pilkada diputarkan dalam versi layar lebar yang di inisiasi KPU berkolaborasi dengan Asta Jaya Centra Cinema, Padi Padi Creative, dan Garin Workshop. Sebagai sekuel kedua, film yang kini berjudul Tepatilah Janji dirilis sejak 9 Agustus lalu dan malam ini di putar di Cinema XXI Beachwalk Kuta, Bali, Sabtu (7/9/2024) malam.

Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho dan dibintangi oleh Ibnu Jamil, Cut Mini, Shenina Cinnamon, Bima Zeno, Kevin Abani, Faradina Mufti, Givina Lukita, Siti Fauziah, serta Trio Timus: Theresia WD, Asriuni Pradipta, dan Irene Vista.

Mochammad Afifuddin, Ketua Komisi KPU periode 2022–2027, dalam sambutannya menyampaikan rasa senangnya atas penayangan film ini.

"Film tentang Pak Janji dan Ibu Pertiwi ini sangat melekat pada banyak pihak. Kami meyakini inilah salah satu cara KPU mensosialisasikan Pemilu, mensosialisasikan Pilkada, dan pada saat yang sama ini cara kami melakukan edukasi untuk pemilih termasuk pemolih pemula,” tuturnya.

Ia menambahlan bahwa ini menjadi salah satu strategi KPU untuk memberikan edukasi terkait demokrasi pemilu pilkada yang diselenggarakan dengan cara yang gembira, riang, dan tidak menakutkan.

"Media-media film, media-media yang menggembirakan, kita jadikan sebagai sarana sumber informasi sehingga semua pihak akan senang untuk kemudian menyukseskan Pemilu dan datang ke TPS pada Pilkada 27 November 2024 nanti,” imbuh Mochammad Afifuddin.

Film Tepatilah Janji ini berkisah tentang keluarga Bu Pertiwi (Cut Mini) dengan tiga anaknya. Politik masuk ke keluarga ini ketika putra tertuanya, Adam (Bima Zeno) naik sebagai lurah.

Cerita selanjutnya tentang Pilkada yang diikuti Adam penuh kompetisi serta kompleksitas laku politik tanpa etika.

Situasi ini membawa reaksi beragam dari istri Adam, Tari (Faradina Mufti), dan adik-adiknya, Isham (Kevin Abani) dan Sekar (Shenina Cinnamon). 

Cerita berlanjut tidak hanya tentang drama politik, tapi menjadi drama komedi dan drama percintaan. Urusan cinta ibu Pertiwi dengan Pak Janji (Ibnu Jamil) yang belum menemui ujung, sekaligus dirumitkan dengan eforia penduduk desa dan calo politik serta isu politik dinasti yang menyebar ke desa dengan adanya media sosial bercampur gosip desa.

Kisah yang menguji proses, etika, serta laku pemimpin dan warga dalam Pilkada yang sudah mendekat.

Garin Nugroho, sutradara film Tepatilah Janji, menjelaskan, film ini menunjukkan bagaimana kepemimpinan diuji dari kemampuan mewujudkan janji, baik janji yang tertera pada konstitusi ataupun pada visi pribadi untuk kesejahteraan warga. Kita masih langka dengan kepemimpinan semacam ini.

“Film ini diperlukan untuk pendidikan warga negara ketika politik kehilangan muruah dalam memandu masyarakat agar proses politik melahirkan masyarakat sipil yang sehat, kritis, dan produktif,” imbuh Garin Nugroho.

Film Tepatilah Janji akan tayang terbatas di bioskop-bioskop tanah air, serta beberapa televisi nasional dan OTT.

Selain itu, pemutaran keliling juga akan dilakukan di ruang-ruang publik, ruang-ruang pemutaran alternatif, dan layar tancap di berbagai daerah di tanah air.

Ibnu Jamil sebagai salah satu pemeran film ini mengaku sangat senang dapat berperan kembali di sekuel kedua film ini setelah sebelumnya rilis dalam judul Kejarlah Janji.

"Tidak ada referensi parpol dari apa yang muncul di film ini. Cerita ini orsinil dan dibuat untuk menggambarkan situasi politik saat ini sebagai edukasi khususnya bagi pemilih pemula agar dapat memilih calon pemimpin yang amanah dan baik," ujarnya.

Ibnu berharap film ini dapat menjadi pengingat bagi para pemimpin pemegang kebijakan agar tidak melupakan janji politiknya. (*)

Pewarta : Susi Artiyanto
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.