Berita

Pemerintah Luncurkan Logo dan Tema Perayaan HUT ke-76 RI, Ini Penjelasan Filosofinya

Jumat, 30 Juli 2021 - 13:42
Pemerintah Luncurkan Logo dan Tema Perayaan HUT ke-76 RI, Ini Penjelasan Filosofinya Logo untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI yang nantinya jatuh 17 Agustus 2021. (FOTO: Setneg)

TIMES BALI, JAKARTA – Pemerintah melewati Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) meluncurkan logo dan tema untuk perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-76 RI yang nantinya jatuh 17 Agustus 2021. Dimana, tema yang diusung "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".

Berikut penjelasan logo, tema yang diilansir oleh TIMES Indonesia dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

1. Filosofi logo

Dijelaskan, logo Kemerdekaan ke-76 RI ini merupakan visualisasi tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam memenpuh jalan yang penuh tantangan. Hal itu agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi itu digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

2. Logo

Makna tiap bentuk yang terdapat pada logo juga disebutkan.

Stabilitas dan pembangunan

Bentuk angka "7" diasosiasikan sebagai bagian dari "tiang pancang" infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Bentuk ini melambangkan "kepala Garuda" yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara

Gerak dan pertumbuhan

Bentuk "6" diasosiasikan sebagai "orang dan roda yang sedang bergerak" terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Ruang kebersamaan

Bentuk ini diasosiasikan sebagai "ruang" yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia

Selain itu, dapat diasosiasikan bentuk "panah" yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Persatuan dan harapan

Bentuk "lingkaran" merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai.

3. Tipografi

Dalam tulisan tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh", menggunakan font Lexend, di mana kita dapat bebas mengunduh dari Google Fonts. Ini adalah tipe huruf utama yang akan digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding dari 76 tahun Kemerdekaan Indonesia.

Untuk tulisan "Indonesia Tangguh", menggunakan varian font Lexend medium. Dan untuk tulisan "Indonesia Tumbuh", menggunakan varian font Lexend bold.

4. Warna logo dan tema

Berikut ini adalah warna-warna yang digunakan pada seluruh desain dan branding dari 76 ahun Kemerdekaan Indonesia.

Merah

C: 4 persen

M: 97 persen

Y: 93 persen

K: 0 persen

R: 229

G: 43

B: 45

Dengan kode warna #E52B2D

Hitam

C: 0 persen

M: 0 persen

Y: 0 persen

K: 100 persen

R: 35

G: 31

B: 32

Dengan kode warna #231F20

Putih

C: 0 persen

M: 0 persen

Y: 0 persen

K: 0 persen

R: 255

G: 255

B: 255

Dengan kode warna #FFFFFF

Demikian penjelasan logo dan tema untuk perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-76 RI yang nantinya jatuh 17 Agustus 2021. Dimana, tema yang diusung "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.