Berita

Gempa M6,2 Guncang Aceh, Getarannya hingga Sumatera Utara

Senin, 16 Januari 2023 - 07:36
Gempa M6,2 Guncang Aceh, Getarannya hingga Sumatera Utara Peta lokasi gempa bumi yang mengguncang Aceh Singkil, Senin (16/1/2023). (Foto: BMKG)

TIMES BALI, JAKARTAGempa bumi berkekuatan magnitudo (M)6,2 mengguncang wilayah Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin (16/1/2023) pukul 05.30 WIB. Pusat gempa berada pada 47 km tenggara Kabupaten Aceh Singkil.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, gempa yang dirasakan 3-10 detik ini dirasakan di empat kabupaten yakni Aceh Singkil, Aceh Selatan serta dua wilayah di Sumatera Utara yakni Tapanuli Tengah dan Nias Utara.

Menurut keterangan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.

"Aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa," ujar Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/1/2023).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis parameter gempa M6,2 berpusat di laut dengan kedalaman 23 kilometer. Berdasarkan pemodelannya, menurut BMKG, gempa tidak memicu terjadinya tsunami.  

Abdul Muhari menambahkan, BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB. 

Terkait hal tersebut, masyarakat diimbau tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. "Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan," ujar Abdul Muhari dari BNPB. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.