Berita

Cek Fakta: Salah, Rumah Ganjar Pranowo Disita KPK

Minggu, 26 Maret 2023 - 19:12
Cek Fakta: Salah, Rumah Ganjar Pranowo Disita KPK Narasi dalam thumbnail video menyebut bahwa rumah mewah Ganjar Pranowo disita oleh KPK.

TIMES BALI, JAKARTA – Sebuah video diberi judul (thumbnail) Rumah Mewah Ganjar Disegel, beredar di platform Youtube. Video tersebut diunggah oleh kanal CCTV Politik (@cctvpolitik5074) pada 22 Maret 2023.

Adapun narasi lengkapnya sebagai berikut:

TERLIBAT KASUS 300T SRI MULYANI !! RUMAH MEWAH GANJ4R DISITA KPK || BERITA TERKINI

cek-fakta-ganjar-2.jpgSumber: https://www.youtube.com/watch?v=_dv3B3rSv3g

Benarkah rumah Ganjar Pranowo disita KPK?

Penjelasan

Kami menyimak video berdurasi 8 menit 4 detik tersebut. Isinya cuplikan yang membahas hal-hal yang tidak saling berkaitan dengan judul. Dalam video tidak terdapat pembahasan mengenai penyitaan rumah Ganjar Pranowo oleh KPK.

Selanjutnya, kami melakukan pencarian menggunakan mesin pencari dengan kata kunci tertentu: rumah ganjar pranowo disita kpk. Hasilnya, tidak ditemukan artikel berita dari media mainstream perihal penyitaan rumah ganjar pranowo.

Sebaliknya, ditemukan sejumlah artikel cek fakta dari media mainstream. Di antaranya  Suara.com (CEK FAKTA: Rumah Mewah Ganjar Disita KPK, Buntut Terlibat dalam Kasus Sri Mulyani, Benarkah? | Suara), dan Kompas.com ([HOAKS] Video KPK Sita Rumah Ganjar Pranowo | Kompas).

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, dalam video yang diunggah tidak terdapat pembahasan sebagaimana judul video bahwa rumah Ganjar Pranowo disita KPK. Isi video tersebut membahas hal lain, yakni Anies Baswedan maju Pilpres 2024.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori manipulated content (konten yang dimanipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.