Berita

Ini Cara Memakmurkan Masjid Menurut Ketua DMI Jusuf Kalla

Senin, 16 Januari 2023 - 14:29
Ketua DMI Jusuf Kalla Beberkan Cara Memakmurkan Masjid Ketua DMI Jusuf Kalla memberikan tips memakmurkan masjid saat silaturahmi di wilayah Kalteng. (FOTO: Istimewa)

TIMES BALI, PALANGKA RAYA – Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI), HM Jusuf Kalla memaparkan sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memakmurkan masjid.

Penjelasan itu disampaikan dalam silaturahmi wilayah dengan jajaran DMI Kalimantan Tengah, Senin (16/1/2023) di Palangka Raya.

Salah satu cara menurut Jusuf Kalla adalah dengan menata ulang tata suara di masjid. Pasalnya, jika sound system di masjid atau suaranya tidak jelas, maka akan membuat jamaahnya kurang nyaman saat berada di dalamnya.

Kemudian, mengisi beragam kegiatan yang menyasar jamaah masjid dalam berbagai kelompok usia dan latar belakangnya. Apabila kegiatan masjid monoton dan tidak sesuai dengan selera, maka bisa jadi masjid hanya akan diisi oleh jamaah usia tua.

"Bagaimana caranya generasi muda itu semakin tertarik untuk mengisi masjid, beraktifitas dan beribadah di masjid. Ini harus dikelola dengan baik, sehingga masjid jangan cuma diisi orang-orang tua saja," kata Jusuf Kalla. 

Ketua-DMI-Jusuf-Kalla-2.jpg

Pria yang juga mantan Wapres RI era SBY itu menilai, idealnya masjid harus ramah kepada lingkungan. Misalnya dengan mengagendakan kegiatan festival dengan sasaran masyarakat di sekitar, menggelar pelatihan yang bermanfaat dan hal lain.

Dengan begitu, dia yakin bahwa masjid akan semakin berperan dalam pengembangan dan kemajuan keagamaan dan sosial masyarakat.

Di sisi lain, masjid menurut Kalla juga harus mensejahterakan. Misalnya dengan memanfaatkan aset masjid yang bisa digunakan sebagai pusat perekonomian. 

"Pemberdayaan ekonomi masyarakat juga bisa dilakukan dengan menggunakan masjid sebagai basisnya. Ada lahan (masjid), kelola agar masyarakat bisa berjualan. Jamaah bisa beli di situ, masyarakat juga dapat penghasilan," terangnya.

Selain itu, pihaknya meminta agar DMI mampu menggandeng kalangan perbankan untuk mensosialisasikan cara mendapatkan bantuan modal.

Sedangkan, di dalam masjid bisa diselenggarakan pertemuan antara pengusaha kecil di sekitarnya. Kalau bisa melakukan hal-hal seperti itu, maka gagasan memakmurkan dan dimakmurkan masjid bisa terwujud.

"Dan DMI juga berkewajiban mendorong masjid-masjid di wilayah ini untuk bisa memakmurkan dan dimakmurkan masjid," jelas Jusuf Kalla. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.