https://bali.times.co.id/
Berita

Lepas Keberangkatan Kloter Pertama, Menang RI: Niatkan Ibadah dan Jaga Fisik

Minggu, 12 Mei 2024 - 04:39
Lepas Keberangkatan Kloter Pertama, Menang RI: Niatkan Ibadah dan Jaga Fisik Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Minggu (12/5/2024). (FOTO: Kemenag RI)

TIMES BALI, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan 388 jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Minggu (12/5/2024) dini hari. Ikut terbang bersama mereka, lima petugas kloter.

Turut mendampingi Menag dalam keberangkatan tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzili, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief bersama sejumlah pejabat eselon I dan II lainnya, serta para Staf Ahli, Staf Khusus, dan Tenaga Ahli Menag.

Menag memberikan pesan kepada para jemaah untuk menata ulang niatnya agar fokus pada ibadah haji.

Yaqut-Cholil-Qoumas-5.jpg

"Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci," ucap Gusmen kepada para jemaah di pesawat.

Selain itu, Menag juga mengingatkan pentingnya menjaga fisik mengingat cuaca yang berbeda di Arab Saudi.

"Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar kondisi fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum," ucapnya.

Menag meminta jemaah tidak ragu untuk meminta bantuan kepada petugas, yang siap melayani dengan setulus hati. "Apapun kebutuhannya sampaikan kepada petugas, jangan sungkan," kata Gusmen.

Dengan berbagai tantangan yang mungkin dihadapi, Menag yakin para jemaah dengan bantuan petugas akan mampu menjalankan ibadah haji dengan lancar

"Sekali lagi saya ingatkan jaga fisiknya, jaga kesehatannya, ini ibadah fisik, tantangannya tentu tidak mudah. Tapi saya yakin semua siap dan kuat menjalankan ibadah di tanah suci," tegasnya.

Menag juga menyampaikan doa agar para jemaah mendapatkan predikat haji mabrur dan doa untuk keselamatan perjalanan. Sebelum meninggalkan pesawat, ia juga menyapa jemaah lanjut usia yang mendapat prioritas, sesuai dengan program Haji Ramah Lansia yang dicanangkan Kementerian Agama. (*)

**Kata Kunci: **

**Meta Deskripsi: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji dari Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta. Dalam pesannya, Menag menekankan pentingnya fokus pada ibadah haji dan menjaga kesehatan fisik. Dengan dukungan petugas dan doa dari tanah air, para jemaah diharapkan dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan mendapatkan predikat haji mabrur.**

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.