Berita

Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Kurangi Selfie Berlebihan di Depan Kabah

Selasa, 06 Juni 2023 - 15:46
Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Kurangi Selfie Berlebihan di Depan Kabah Jemaah Haji Indonesia (FOTO: MCH 2023 Kemenag RI)

TIMES BALI, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memberikan imbauan kepada jemaah haji Indonesia agar tidak melakukan pengambilan dokumentasi pribadi berupa swafoto (selfie) di depan Ka'bah secara berlebihan.

Dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, juru bicara PPIH Pusat, Akhmad Fauzin, menekankan bahwa selfie berlebihan di depan Ka'bah selain mengganggu kekhusyukan ibadah juga mengganggu jemaah lainnya.

Fauzin menegaskan beberapa larangan keras yang perlu diperhatikan oleh jemaah di area Masjidil Haram, seperti larangan membentangkan spanduk untuk berfoto bersama, melakukan selfie di depan Ka'bah dengan benda-benda yang menyerupai manusia atau hewan, misalnya wayang dan sejenisnya.

"Bila melanggar larangan tersebut, akan berakibat hukum dari otoritas keamanan Arab Saudi," tegas Fauzin pada Senin (05/06/2023).

Panitia terus mengingatkan jemaah untuk berfokus pada ibadah selama berada di Tanah Suci, terutama di Masjidil Haram, dan mengurangi aktivitas selain ibadah.

Fauzin juga menyampaikan informasi mengenai kondisi cuaca di Madinah yang berkisar antara 30-39 derajat Celsius dan di Makkah antara 31-43 derajat Celsius. Mengingat suhu yang lebih panas di Kota Makkah, Fauzin meminta jemaah, terutama jemaah lanjut usia, untuk membatasi aktivitas di luar hotel dan masjid.

"Selalu pakai alas kaki saat akan keluar dari hotel dan masjid, untuk menghindari kaki melepuh. Jika kehilangan alas kaki, jangan memaksakan diri pulang ke hotel tanpa sandal di siang hari, segera temui petugas dan minta bantuannya," tambahnya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) per tanggal 5 Juni 2023 pukul 24.00 WIB, jumlah jemaah dan petugas yang telah tiba di Kota Madinah mencapai 73.577 orang atau 191 kelompok terbang.

Fauzin juga menginformasikan bahwa terdapat penambahan tiga jemaah yang telah wafat, yaitu Muhammad Yusuf Dedeh dari kloter BTJ 04, Umi Hanik Mualam dari kloter SUB 26, dan Jajang bin Ijin dari kloter JKS 09. Dengan demikian, total jemaah yang wafat hingga saat ini sebanyak 15 orang. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.