https://bali.times.co.id/
Berita

Pemerintah Salurkan Bantuan Pompa Air untuk Petani di Lampung

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:53
Pemerintah Salurkan Bantuan Pompa Air untuk Petani di Lampung Presiden Joko Widodo saat mengunjungi para petani di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, Kamis (11/7/2024) (FOTO: ANTARA/Riadi Gunawan)

TIMES BALI, LAMPUNGPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) berharap hasil pertanian di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di Provinsi Lampung.

"Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan pangan dan menjadi penyangga bagi Provinsi Lampung," ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, setelah memberikan bantuan pompa air irigasi kepada petani setempat, Kamis (11/7/2024).

Presiden menjelaskan bahwa untuk menjaga stabilitas hasil pertanian di Lampung Selatan, pemerintah memberikan bantuan pompa air untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi).

"Kita harus siap agar produktivitas petani tidak menurun, karena banyak negara mengalami penurunan produksi akibat gelombang panas dan kekeringan berkepanjangan," jelasnya.

Presiden juga menekankan bahwa program pompanisasi di Lampung Selatan akan terus berjalan meski dalam kondisi hujan deras sebagai persiapan menghadapi kemarau panjang.

"Banyak negara sekarang mengalami penurunan produksi karena gelombang panas dan kekeringan berkepanjangan," tambahnya.

Presiden Jokowi memastikan bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) akan berusaha memenuhi kebutuhan pompa secara menyeluruh untuk memastikan seluruh area produksi terpenuhi.

"Saya melihat irigasi di sini cukup baik, sehingga kita bisa menarik air dari irigasi yang lebih rendah masuk ke irigasi sekunder dan tersier untuk mengairi sawah, sehingga diharapkan yang biasanya panen sekali bisa menjadi dua kali, dan yang dua kali bisa menjadi tiga kali," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, Presiden Jokowi juga dijadwalkan meninjau RSUD Bob Bazar, serta meresmikan gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Kebangsaan, Kabupaten Lampung Selatan, pada hari pertama kunjungan kerjanya di Provinsi Lampung.

Mengawali aktivitasnya di Kabupaten Lampung Selatan, Presiden langsung menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan. Setelah itu, Presiden menuju Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, untuk meninjau lokasi sawah tadah hujan dan memberikan bantuan pompa air kepada petani.

Setelah peninjauan lokasi sawah, Presiden Jokowi akan mengunjungi SMA Kebangsaan untuk meresmikan gedung sekolah. Kemudian pada siang harinya, Presiden Jokowi akan melanjutkan kegiatan di Kabupaten Lampung Utara untuk meninjau pasar tradisional dan memberikan BLT kepada warga. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.