Berita

Festival Budaya Indonesia 2023 PPI Tiongkok di Xiamen Sukses

Selasa, 06 Juni 2023 - 15:50
Festival Budaya Indonesia 2023 PPI Tiongkok di Xiamen Sukses Permainan angklung menjadi salah satu daya tarik dalam Festival Budaya Indonesia 2023 yang digelar di di Huaqiao University Huawen College, kota Xiamen, Tiongkok. (FOTO : PPI Tiongkok for TIMES Indonesia)

TIMES BALI, JAKARTA – Festival Budaya Indonesia yang diselenggarakan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPI Tiongkok) Cabang Xiamen, 3 Juni 2023 lalu sukses.

Festival Budaya Indonesia yang diselenggarakan PPI Tiongkok Cabang Xiamen itu adalah acara budaya rutin sejak tahun 2013.

Mengusung tema "The Powerful Nusantara", Festival Budaya Indonesia 2023 itu sukses digelar di Huaqiao University Huawen College, kota Xiamen, Tiongkok.

Selain pagelaran budaya, PPI Tiongkok Xiamen juga menghadirkan stand makanan dari berbagai negara, selain Indonesia, juga dari Laos, Thailand, Filipina, dan Myanmar. 

Festival Budaya Indonesia 2023 dipandu oleh Gu Mingjun, Gabriella Chenthesa.

festival-budaya-2.jpgPeragaan busana tradisional oleh Persatuan Seni Mahasiswa-mahasiswi Indonesia-Xiamen (PERMISI Xiamen) ikut mensukseskan Festival Budaya Indonesia 2023.

Acara itu dibuka oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia di Guangzhou, Dr. Ben Perkasa Drajat.

Dalam sambutannya, Ben Perkasa Drajat berharap kepada mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang berada di Xiamen, bisa menjadi festival budaya ini sebagai jembatan dalam memperkenalkan budaya Indonesia di Tiongkok.

Perwakilan dari Akademi Bahasa dan Budaya Universitas Huaqiao (Huawen), Pan Xiaxing dalam memberikan kata sambutannya juga berharap, melalui festival ini bisa  menambah relasi para mahasiswa dari kedua negara dan bisa  menjalin hubungan persahabatan yang lebih erat untuk masa depan yang indah.

Rangkaian acara itu dikemas dengan menarik dan unik, dimulai dari penampilan alat musik Angklung yang dipadukan bersama vokal yang merdu dari para anggota Asosiasi Para Perantauan Chinese-Indonesia di Xiamen.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan drama yang menggambarkan kondisi mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang akan kembali ke Tiongkok setelah sekian lama menghadapi kelas online.

PPIT.jpg

Pembukaan drama itu merupakan penghantar menuju inti acara dalam memperkenalkan pertunjukkan budaya selanjutnya. 

Acara kemudian diteruskan dengan tampilan Tari Jaipong dan grup vokal dari Persatuan Seni Mahasiswa-mahasiswi Indonesia-Xiamen (PERMISI Xiamen) yang menyanyikan lagu Ibu Pertiwi, Tanah Airku, Manuk Dadali, dan diakhiri dengan lagu We Are The World.

Selain itu, juga ada  peragaan busana Indonesia, penampilan tari modern dari PERMISI Xiamen, duet Indonesia Pusaka yang diiringi dengan penampilan biola, kolaborasi PERMISI Xiamen tari modern serta tari tradisional.

Melalui festival ini, diharapkan untuk setiap mahasiswa-mahasiswi Indonesia bisa noterus melestarikan kebudayaan Indonesia dan juga memperkenalkan ragam budaya Indonesia di kancah Internasional, khususnya bagi masyarakat lokal di kota Xiamen.

Perhelatan kesenian oleh mahasiswa dan mahasiswi PPI Tiongkok yang berada di Xiamen itu kemudian diakhiri dengan penampilan flashmob oleh seluruh panitia dan penampil Festival Budaya Indonesia 2023.

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.