Berita

Siti Fauziah Berharap Media dan Humas MPR Bersinergi Tangkal Hoaks

Minggu, 19 Maret 2023 - 17:09
Siti Fauziah Berharap Media dan Humas MPR Bersinergi Tangkal Hoaks Plt Deputi Bidang Administrasi Setjen MPR RI Siti Fauziah saat Media Gathering 2023 bertajuk  'Peran Media Dalam Mewujudkan Rumah Kebangsaan MPR RI' di Bandung, Jawa Barat, Jumat malam (17/3/2023). (Foto: dok MPR RI)

TIMES BALI, BANDUNG – Plt Deputi Bidang Administrasi Setjen MPR RI Siti Fauziah menyatakan, pers memiliki peran sebagai salah satu pilar demokrasi Indonesia.  

Dengan perannya itu, media yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi secara utuh dan menyeluruh pada masyarakat sekaligus memerangi hoaks.

"Besar harapan kami, media dapat memberitakan hal hal yang terjadi  di lingkungan parlemen secara utuh dan menyeluruh, serta ikut berperan dalam upaya-upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui tugas tugas jurnalistiknya," terangnya saat Media Gathering 2023 bertajuk  'Peran Media Dalam Mewujudkan Rumah Kebangsaan MPR RI'. Acara ini diselenggarakan, di Lembang, Bandung, Jawa Barat, Jumat malam (17/3/2023).

Acara ini juga dihadiri Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, perwakilan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Pimpinan Fraksi Partai Demokrat MPR Benny K. Harman, Pimpinan Fraksi PKB MPR Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz,

Siti Fauziah mengatakan, hal itu menjadi sangat penting, mengingat di era moderenisasi saat ini, kecepatan menyajikan informasi yang tepat dan akurat menjadi tantangan tersendiri bagi para jurnalis.

Siti Fauziah menambahkan, munculnya berbagai berita hoaks dan kabar bohong di berbagai platform media sosial menjadi ancaman kepada para pelaku industri media. Tentunya, hal ini menjadi perhatian bagi unit penyelenggara kehumasan di instansi lembaga negara dalam hal ini Biro Humas Setjen MPR.

"Untuk itu, saya mengajak semua teman-teman media yang hadir hari ini, dapat bersama dengan Biro Humas untuk menangkal penyebaran berita hoaks di lingkungan parlemen, dengan menyajikan produk jurnalismenya dalam bentuk berita yang akurat dan terpercaya, melalui mekanisme redaksi yang sudah terstandardisasi di masing-masing media," ujarnya.

Apalagi, lanjut Siti Fauziah, setelah  momen Iedul Fitri, bangsa Indonesia akan memasuki tahun politik.

"Kami berharap, menjelang pelaksanaan pemilu pada tanggal 14 Februari 2024, teman-teman media bisa memberikan hal-hal yang menyejukkan pada masyarakat.  Antara lain, bisa menyampaikan kepada publik bahwa pemilu ini merupakan ajang kompetisi politik para putera-puteri terbaik bangsa, sehingga tetap menjaga persatuan dan persatuan walaupun berbeda pilihan," katanya 

Siti Fauziah mengimbau media untuk tidak lupa memberitakan atau mengkampanyekan kepada masyarakat,  datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya yang telah dijamin UUD sebagai bentuk implementasi kedaulatan rakyat.

"Untuk para wartawan juga nih, sukseskan pemilu 2024, jangan golput. Ajak seluruh keluarganya ke TPS," ucapnya. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.