Berita

Tinjau Pameran Water Art Installation, Menteri PUPR RI Tekankan Pentingnya Manajemen Air

Senin, 04 Desember 2023 - 18:58
Tinjau Pameran Water Art Installation, Menteri PUPR RI Tekankan Pentingnya Manajemen Air Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau Pameran Water Art Installation di Indonesia Arena, Kompleks GBK-Senayan, Jakarta, Minggu (3/12/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BALI, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan pada Pameran Water Art Installation yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Indonesia Arena, Kompleks GBK-Senayan, Jakarta, Minggu (3/12/2023).

Pameran yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Bakti PU ke-78 ini dibuka untuk umum pada 1-4 Desember 2023.

Menggunakan teknologi immersive, pameran ini menampilkan isu-isu air, local wisdom, perkembangan teknologi, inovasi pengelolaan sumber daya air, serta promosi World Water Forum ke-10. Selain itu, juga terdapat 7 sesi mini talkshow dengan topik-topik menarik dan relevan seputar isu air.

"Pameran ini mengangkat isu tentang air. Seperti pemeliharaan sungai, kemudian ada juga tentang manajemen air. Seperti yang tertera di Al-Qur’an, sudah dijanjikan Allah bahwa air diturunkan dalam jumlah yang cukup dan bersih. Jadi, kalau ada yang kekurangan air dan masalah kekeringan, atau pencemaran, pasti penyebabnya perilaku manusia terhadap air. Sehingga kita ingin menekankan pentingnya manajemen air,” kata Menteri PUPR RI.

Basuki-Hadimuljono-2.jpg

Menteri PUPR RI juga menyampaikan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR RI telah melakukan berbagai upaya untuk pengelolaan air dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Salah satunya dengan pembangunan bendungan yang dirancang sebagai multipurpose dams. Selain itu, Kementerian PUPR RI juga melakukan pengaturan pengoperasian bendungan.

“Misalnya, kalau musim hujan datang, kita sudah harus mempunyai rencana untuk curah hujan tinggi. Kita juga harus mengantisipasi ketersediaan air saat musim kemarau sehingga tidak terjadi kekeringan. Oleh karena itu, Kementerian PUPR mengelola sekitar 300 bendungan yang kita atur pengoperasiannya. Setiap mendekati musim hujan kita operasikan dan siapkan ruang untuk menampung volume banjir,” kata Menteri PUPR RI.

Menteri PUPR RI berharap melalui pameran ini, masyarakat dapat aware terkait pentingnya pengelolaan sumber daya air dan pentingnya menjaga lingkungan.

“Saya surprise karena ternyata banyak pengunjung yang hadir dalam pameran ini, baik itu dari kalangan umum atau mahasiswa. Terima kasih, mudah-mudahan pameran ini ada manfaatnya untuk rekan-rekan sekalian, dalam menambah ilmu dan informasi,” tandas Menteri PUPR RI.

Turut hadir dalam pameran ini Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.