Berita

Pencarian Hari Ketiga, Otoritas Swiss Kerahkan Tim Penyelam dan Drone Pemindai Tubuh

Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:43
Pencarian Hari Ketiga, Otoritas Swiss Kerahkan Tim Penyelam dan Drone Pemindai Tubuh Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad saat jumpa pers daring, Sabtu (28 /5/2022).(Foto: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMES BALI, BANDUNG – Pencarian terhadap hilangnya putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang terseret arus di Sungai Aare Swiss, terus dilakukan tim gabungan di Swiss.

Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad menjelaskan, otoritas Swiss secara maksimal melakukan pencarian terhadap Eril, sapaan Emmeril.

"Jadi, yang melakukan pencarian itu dari unsur polisi sungai, polisi media dan pemadam kebakaran," kata Muliaman saat jumpa pers daring, Sabtu (28/5/2022).

Muliaman menambahkan, selain menyusuri sungai, sejak hari pertama petugas gabungan juga melakukan pemindaian melalui drone.

"Jadi drone pemindai suhu tubuh disiapkan. Drone ini milik pemadam kebakaran, dikerahkan sejak hari kedua kemarin," jelasnya.

Untuk pencarian hari ini, dimulai waktu Swiss pukul 07.30 atau pukul 13.30 waktu Indonesia.

Otoritas-Swiss-2.jpg

"Hari ketiga petugas berjumlah 20 orang dikerahkan, dengan metode pencarian menyusuri sungai, menggunakan speed boat, dan drone pemindai suhu tubuh," jelasnya.

Ia menyebut suhu air di sungai Aare saat ini mencapai 16 derajat celcius. "Untuk cuaca relatif ya, kalau suhu air 16 derajat celcius untuk saat ini," jelasnya.

Saat ini otoritas di Swiss terus memaksimalkan pencarian terhadap Eril. "Hilangnya Eril di Sungai Aare menjadi prioritas oleh petugas otoritas swiss saat ini," pungkasnya.

Dalam proses pencarian sejak Kamis hingga Sabtu (28/5/2022), ada polisi sungai yang terlibat dalam proses pencarian.

"Tugasnya itu menjaga sungai. Jadi kalau ada kejadian di sungai, seperti terjadi di Aare ini ,polisi sungai menjadi otoritas berwenang yang melakukan pencarian secara maksimal," jelas Muliaman, saat jumpa pers daring, terkait pencarian terhadap Emmeril Khan Mumtadz, Sabtu (28/5/2022).

Muliaman menambahkan, polisi sungai di Aare saat kejadian hilangnya Eril, sudah mengetahui titik lokasi Eril terseret.

"Polisi sungai sudah mengetahui titik hilangnya, sehingga langsung bergerak saat mendapat informasi hilangnya Eril," jelasnya.

Pada hari ketiga ini, polisi sungai Swiss bersama polisi medis, dan pemadam kebakaran melakukan pencarian, dengan metode menggunakan speed boat, pemindaian suhu tubuh dan penyelaman. "Akan ada penyelaman di hari ketiga ini," paparnya.(*)

Pewarta : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.