Berita

Perubahan Tampilan WhatsApp di Android Mengejutkan Pengguna

Selasa, 02 April 2024 - 11:25
Perubahan Tampilan WhatsApp di Android Mengejutkan Pengguna Tampilan Baru WhatsApps (FOTO: WABetaInfo)

TIMES BALI, JAKARTA – Sejumlah pengguna WhatsApp (WA) digegerkan dengan tampilan baru yang mendadak berubah dari tampilan sebelumnya. Perubahan ini terutama dirasakan oleh pengguna WhatsApp di Indonesia, terutama untuk WhatsApp versi Android. Perubahan utama terjadi pada tata letak bar menu utama aplikasi.

Sebelumnya, bar menu WhatsApp ditempatkan di atas daftar obrolan. Namun, sebagian pengguna mendapati bahwa bar menu itu sekarang diposisikan di bawah obrolan, mirip dengan konsep WhatsApp versi iOS. WhatsApp secara resmi menjelaskan bahwa perubahan tampilan ini bertujuan untuk memudahkan pengguna mengakses menu. Menurut keterangan resmi WhatsApp, "Tab (menu) yang sebelumnya berada di bagian atas layar Anda, kini berada di bawah agar lebih mudah diakses."

Perubahan tampilan ini dilakukan secara resmi oleh pihak WhatsApp untuk aplikasi WA versi Android. Pengguna tidak perlu kaget, karena perubahan ini merupakan bagian dari pembaruan yang dilakukan oleh WhatsApp. Pembaruan ini telah digulirkan secara bertahap sejak sekitar pertengahan tahun sebelumnya.

KompasTekno telah melaporkan bahwa beberapa versi WhatsApp Android telah menerima tampilan baru, seperti aplikasi versi 2.24.5.76 dan WA Android beta versi 2.24.6.10. Namun, karena pembaruan tersebut dilakukan secara bertahap, tidak semua pengguna telah mengalami perubahan tampilan baru WhatsApp.

Meskipun pembaruan tersebut telah bergulir cukup lama, pengguna di Indonesia tampaknya baru-baru ini mulai menerima pembaruan aplikasi WhatsApp yang membawa tampilan terbaru. Banyak pengguna yang melaporkan di media sosial seperti X (dahulu Twitter) bahwa mereka telah menerima tampilan WhatsApp terbaru, dengan beberapa di antaranya menyatakan ketidaksukaan terhadap perubahan tersebut.

Meski begitu, secara teknis, aplikasi yang sudah diperbarui tidak dapat dikembalikan ke versi yang lebih lama. Pengguna juga tidak dapat memilih untuk mengunduh aplikasi versi lama di toko aplikasi resmi. Jadi, walaupun ada beberapa pengguna yang ingin kembali ke tampilan WhatsApp versi sebelumnya, tidak ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp seperti semula di versi lama.

Pengguna WhatsApp di Android harus menerima tampilan terbaru ini setelah melakukan pembaruan aplikasi, karena tidak ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp ke versi sebelumnya. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.