Berita

Porseni NU 2023 Resmi Dibuka di GOR Sritex Arena Surakarta

Senin, 16 Januari 2023 - 22:06
Porseni NU 2023 Resmi Dibuka di GOR Sritex Arena Surakarta Pembukaan Porseni NU 2023 di GOR Sritex Arena Surakarta pada Senin (16/1/2023) malam. (Foto: PBNU for TIMES Indonesia)

TIMES BALI, SUKOHARJO – Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) sudah secara resmi dibuka di Gedung Olahraga (GOR) Sritex Arena, Jalan Abiyoso 21, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada Senin (16/1/2023) malam.

Porseni NU yang akan berlangsung hingga Ahad (22/1/2023) ini diresmikan secara langsung oleh Ketua Panitia Pengarah Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU Erick Thohir. 

Pembukaan Porseni NU 2023 ditandai dengan pembunyian terompet oleh Erick Thohir didampingi Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Ketua Panitia Porseni NU 2023 Nusron Wahid, Ketua Panitia Pelaksana Harlah 1 Abad NU Yenny Wahid, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengatakan bahwa Porseni NU merupakan fondasi dasar kebangsaan warga Nahdliyin. Untuk itu, ia mengusulkan agar Porseni NU rutin dilaksanakan pada setiap tiga tahun sekali.

"Karena Porseni NU merupakan fondasi kebangsaan yang menyatukan seluruh atlet dari Sabang sampai Merauke. Saya mengusulkan agar Porseni dilaksanakan tiga tahun sekali," ucap Erick Thohir.

Sebagai informasi, Porseni NU 2023 ini dibuka dengan diawali menghitung mundur oleh seluruh atlet yang memadati tribun GOR Sritex Arena Surakarta. 

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan paduan suara dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas (RM) Said, dan Kavikepan Surakarta. 

Ada juga penampilan Tari Perisai Nusantara Bangkit oleh Ekos Dance Company. Tari ini dibawakan dengan nuansa tradisional dan modern. Terdapat senandung shalawat burdah yang dibawakan dengan langgam Jawa tetapi menggunakan gerakan tari modern.

Kemudian dilakukan pengenalan kontingen se-Indonesia oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Surakarta. Satu per satu dari mereka masuk membawa bendera. 

Ada tiga orang pembawa bendera merah putih, satu orang pembawa bendera NU, dan satu pembawa bendera berlogo Porseni NU.

Lalu disusul oleh 34 orang pembawa bendera logo provinsi se-Indonesia. Mereka masuk membawakan bendera itu dengan iringan lagu Bangun Pemudi Pemuda dan Maju Tak Gentar. 

Selanjutnya, dilangsungkan pembacaan ikrar sportivitas atlet, juri, dan wasit Porseni NU 2023.

Sebagaimana diketahui, Porseni NU ini memiliki cabang olahraga sepak bola, bola voli, bulu tangkis, dan pencak silat. Ada pula perlombaan seni yaitu Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Qiraatil kutub (MQK), dan hafalan kitab alfiyah.

Pada kesempatan ini, turut hadir Wakil Rais Aam PBNU KH Anwar Iskandar yang membaca doa penutup dalam agenda Pembukaan Porseni NU 2023, Katib Aam KH Akhmad Said Asrori, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, dan sejumlah tamu undangan, serta ribuan atlet dan tim ofisial dari Sabang sampai Merauke. (*)

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Imam Kusnin Ahmad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.