Berita

[CEK FAKTA] Gambar Jokowi Siap Pimpin Tiga Periode

Selasa, 22 Juni 2021 - 17:49
[CEK FAKTA] Gambar Jokowi Siap Pimpin Tiga Periode Sebuah unggahan gambar disertai narasi tentang Presiden RI Joko Widodo siap memimpin tiga periode.

TIMES BALI, JAKARTA – Beredar gambar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) siap memimpin tiga periode. Gambar tersebut beredar di media sosial Facebook. 

Akun Mochtar Nameh mengunggah gambar tersebut di grup Facebook: Bersama Denny Siregar Lawan Radikalisme Reborn pada 14 Juni 2021 pukul 08.32 WIB.

Poster menunjukkan foto Jokowi mengacungkan tiga jari disertai dengan tulisan: Kalian Siap saya Pimpin Tiga Periode.

Adapun akun GB Mochtar Nameh menyertai poster tersebut dengan narasi sebagai berikut:

SIIAAAPPPP PAK.. 
Sampai selamanya juga saya siap..

Pantauan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, hingga 22 Juni 2021 pukul 10.26 WIB, unggahan tersebut mendapat 115 komentar dan telah dibagikan sebanyak 4 kali, dan 307 respons berupa emoji.

cek fakta Jokowi tiga periode 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, poster tentang Jokowi siap memimpin tiga periode merupakan informasi yang salah.

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta melalui mesin pencari, ditemukan bahwa poster atau foto tersebut merupakan hasil penyuntingan atau editan. Foto Jokowi mengenakan baju batik sambil menunjukkan tiga jari itu terjadi saat pidato kemenangan Pilpres tahun 2014. Saat itu, Jokowi bersama Jusuf Kalla.

Mengenai tiga jari yang ditunjukkan Jokowi, merupakan simbol dari sila ke-3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Jadi, bukan salam tiga periode.

Mengutip dari laman kompas.com, Joko Widodo yang menjadi Presiden terpilih periode 2014-2019 menghadiri rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta, Rabu (23/7/2014). Sejumlah anggota dewan menyambut Jokowi dengan meneriakkan "salam tiga jari".

cek-fakta-Jokowi-tiga-periode-5.jpgSumber: Hadiri Paripurna di DPRD, Jokowi Disambut "Salam Tiga Jari" | Kompas

Sementara, mengutip laman merdeka.com, disebutkan bahwa salam tiga jari oleh Jokowi merupakan simbol persatuan Indonesia. 

"Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kita kuat. Salam tiga jari, Persatuan Indonesia," ucap Jokowi sambil mengacungkan tiga jari.

Juru bicara tim pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) Anies Baswedan menjelaskan mengenai makna dari salam tiga jari yang dimaksudkan oleh Jokowi. Dia mengungkapkan, salam tiga jari adalah perwujudan dari sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia.

"Sila ketiga kita itu kan persatuan Indonesia. Biar lebih mudah maka jadi salam tiga jari," ungkapnya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (23/7/2021).

cek fakta Jokowi tiga periode 3Sumber: Ini cerita di balik makna salam 3 jari Jokowi | Merdeka

Terkait dengan munculnya wacana tiga periode, juru bicara Presiden RI Jokowi, Fadjroel Rachman menyampaikan, Kepala Negara tetap pada amanat konstitusi dan menolak sebagai Presiden tiga periode.

"Presiden Joko Widodo tegak lurus konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap reformasi 1998," ujar Fadjroel, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/6/2021).

Diketahui, pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 berbunyi, "Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan."

Fadjroel menyampaikan, Presiden Jokowi sudah menegaskan dan menolak untuk mencalonkan menjadi orang nomer satu di Indonesia sudah beberapa kali.

Presiden RI Jokowi sudah pernah menegaskan secara langsung, bahwa dirinya tak setuju apalagi ada aturan Presiden tiga periode. Pasalnya, kata dia, hal itu bertentangan dengan konstitusi.

“Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah,” ujar Presiden dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/3/2021).

Kepala Negara juga menegaskan sama sekali tak memiliki niat untuk menjadi presiden tiga periode. Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur masa jabatan presiden selama dua periode yang tentunya harus dipatuhi bersama.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak berminat juga menjadi Presiden tiga periode. Konstitusi mengamanatkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama,” ujar Presiden Jokowi.

cek fakta Jokowi tiga periode 4Sumber:  Relawan Minta Tiga Periode, Presiden RI Jokowi Ogah | TIMES Indonesia

Pemeriksaan atas klaim tersebut telah dilakukan oleh Mafindo -jaringan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia- melalui turnbackhoax.id. Mafindo menyebut bahwa kalim tersebut merupakan hoaks lama yang beredar kembali.

Mafindo telah melakukan pemeriksaan fakta atas klaim tersebut dengan menerbitkan tiga artikel. 

Sumber:

[SALAH] Gambar Presiden Jokowi “Kalian Siap saya pimpin Tiga Periode” | Turnbackhoax

[SALAH] Foto Jokowi Siap Memimpin 3 Periode | Turnbackhoax

[SALAH] “Jokowi Siap Pimpin 3 Periode” | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim yang menyebut Jokowi siap memimpin tiga periode,  keliru. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut masuk dalam kategori False Context (Konteks Keliru).

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.