https://bali.times.co.id/
Berita

Menjadi Pencerita Visual Melalui Kelas Foto Jurnalistik TIMES Indonesia

Senin, 08 Juli 2024 - 10:46
Menjadi Pencerita Visual Melalui Kelas Foto Jurnalistik TIMES Indonesia Adhitya Hendra Permana memberikan materi pada kelas opini dan foto jurnalistik yang digelar TIMES Indonesia, Minggu (7/7/2024). (FOTO: Valentina Kusmila Putri/TIMES Indonesia)

TIMES BALI, MALANG – Di era informasi yang serba cepat, foto jurnalistik menjelma menjadi kekuatan tak terbantahkan dalam mengabarkan realitas dan menggugah hati nurani. Memahami hal ini, TIMES Indonesia menyelenggarakan Kelas Menulis Opini dan Foto Jurnalistik pada tanggal 7 Juli 2024. Kegiatan ini menarik minat para mahasiswa yang ingin mendalami dunia jurnalistik.

Kelas ini menghadirkan Adhitya Hendra Permana, seorang fotografer TIMES Indonesia, sebagai pembicara.

Adhitya membuka mata para peserta tentang kekuatan luar biasa fotografi sebagai alat komunikasi. "Fotografi bukan sekadar jepretan kamera," tegasnya. "Ia adalah bahasa universal yang mampu merekam peristiwa, mengungkap emosi, dan mengantarkan pesan dengan cara yang tak terlupakan."

Lebih lanjut, Adhitya menjelaskan bahwa fotografi jurnalistik memiliki peran krusial dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. "Di tengah lautan informasi yang membanjiri kita, foto jurnalistik hadir bagaikan mercusuar, menerangi fakta dan makna di balik sebuah peristiwa," tuturnya.

Adhitya-Hendra-Permana-2.jpg

Para peserta tak hanya disuguhi teori, tetapi juga diajak praktik langsung secara sederhana memanfaatkan kamera ponsel. Mereka mempelajari teknik-teknik dasar hingga lanjutan dalam foto jurnalistik, termasuk komposisi, pencahayaan, dan penggunaan kamera yang tepat. 

Kelas ini bukan hanya tentang teknik fotografi, tetapi juga tentang melatih kepekaan jurnalistik. Adhitya menekankan pentingnya memahami konteks di balik setiap foto, menggali cerita di balik permukaan, dan menuangkannya dengan cara yang bertanggung jawab.

"Seorang fotojurnalis bukan hanya seorang fotografer, tetapi juga seorang pencerita," jelas Adhitya. "Mereka memiliki tanggung jawab untuk menceritakan kisah nyata dengan integritas dan empati."

Bagi Nanda Viola, salah satu peserta, kelas ini menjadi pengalaman yang membuka mata. "Saya tidak hanya belajar tentang teknik fotografi, tetapi juga tentang bagaimana menggunakan foto untuk memberikan dampak positif," ungkapnya. "Saya terinspirasi untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan saya di bidang foto jurnalistik."

Adhtya mengetakan, Kelas Opini dan Foto Jurnalistik TIMES Indonesia menjadi komitmen media dalam melahirkan generasi jurnalis muda yang cakap dan bertanggung jawab. Dengan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, TIMES Indonesia berharap dapat berkontribusi pada masa depan jurnalisme yang lebih cerah dan berintegritas. (*)

Pewarta : Valentina Kusmila Putri (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.