https://bali.times.co.id/
Berita

Siap Siaga Hadapi Situasi Darurat di Jalan dengan Perlengkapan Mobil Ini

Selasa, 09 Juli 2024 - 06:03
Siap Siaga Hadapi Situasi Darurat di Jalan dengan Perlengkapan Mobil Ini Segitiga pengaman dapat membantu memberi tanda kepada pengendara lain agar berhati-hati.

TIMES BALI, JAKARTA – Sebagai pemilik mobil, kita tentu ingin selalu merasa aman dan nyaman saat berkendara. Namun, terkadang situasi tak terduga bisa terjadi di jalan.

Untuk itu, ada beberapa perlengkapan wajib di dalam mobil supaya kita lebih siap menghadapi situasi darurat di jalan.

Ali Akbar, Foreman showroom dan bengkel Toyota Kartikasari Malang menyarankan perlunya beberapa benda yang wajib ada di mobil.

Berikut beberapa benda atau peralatan wajib di kendaraan yang harus Anda miliki.

1. Dongkrak dan Kunci Ban

Pernahkah Anda mengalami ban kempis di tengah jalan? Dongkrak dan kunci ban adalah penyelamat Anda! Pastikan dongkrak dan kunci ban dalam kondisi baik dan Anda tahu cara menggunakannya.

2. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Kebakaran mobil bisa terjadi kapan saja. APAR dapat membantu memadamkan api di tahap awal dan mencegah kebakaran yang lebih besar. Pastikan Anda memilih APAR yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda.

3. Segitiga Pengaman

Jika Anda terpaksa berhenti di pinggir jalan karena mogok atau kecelakaan, segitiga pengaman dapat membantu memberi tanda kepada pengendara lain agar berhati-hati. Letakkan segitiga pengaman minimal 50 meter di belakang mobil Anda.

4. Kotak P3K

Kecelakaan kecil bisa terjadi kapan saja. Siapkan kotak P3K yang berisi obat-obatan dasar seperti perban, kapas, alkohol, dan obat pereda nyeri. Anda juga bisa menambahkan plester luka, salep antiseptik, dan termometer.

5. Kabel Jumper

Mobil mogok karena aki tekor? Kabel jumper dapat membantu Anda menghubungkan aki mobil Anda dengan aki mobil lain untuk memberikan daya start. Pastikan Anda tahu cara menggunakan kabel jumper dengan aman.

6. Senter

Senter sangat berguna dalam situasi minim cahaya, seperti saat mengganti ban di malam hari atau mencari benda yang jatuh di bawah kursi mobil.

7. Air Minum

Menjaga tubuh tetap terhidrasi penting, terutama saat terjebak macet atau dalam perjalanan jauh. Bawalah air minum secukupnya untuk Anda dan penumpang lainnya.

8. Makanan Ringan

Camilan ringan dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar saat terjebak macet atau dalam perjalanan jauh. Pilihlah camilan yang tidak mudah basi dan mudah dimakan.

9. Peralatan Navigasi

Peta atau GPS dapat membantu Anda menemukan jalan saat tersesat atau mencari rute alternatif. Pastikan Anda selalu memperbarui peta atau GPS Anda.

10. Charger Ponsel

Ponsel Anda adalah alat penting untuk komunikasi dan mencari bantuan dalam situasi darurat. Pastikan Anda selalu membawa charger ponsel dan power bank.

"Simpan semua perlengkapan ini di tempat yang mudah dijangkau, seperti di bagasi atau bawah kursi.
Dan jangan lupa, periksa kondisi perlengkapan secara berkala dan pastikan masih berfungsi dengan baik," ucapnya.

Ali juga mengingatkan agar pemilik mobil melakukan simulasi penggunaan beberapa perlengkapan, seperti dongkrak dan APAR.

"Supaya Anda terbiasa saat situasi darurat terjadi," imbuhnya.

Selain itu, Ali juga menyarankan pemilik kendaraan untuk mengikuti pelatihan dasar tentang keselamatan berkendara dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

"Anda juga dapat menambahkan beberapa perlengkapan lain sesuai kebutuhan Anda, seperti jas hujan, selimut, atau alat bantu untuk mengganti ban," kata Ali.

Itulah tips bekendara dan tips perjalanan yang bisa Anda terapkan. Dan pastikan Anda selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan berkendara dengan aman agar terhindar dari kecelakaan," kata Ali. (*)

Pewarta : Wahyu Nurdiyanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bali just now

Welcome to TIMES Bali

TIMES Bali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.